Information Technology Infrastructure Library (ITIL)

 Information Technology Infrastructure Library (ITIL)!


adalah perpustakaan volume yang menjelaskan kerangka kerja praktik terbaik untuk memberikan layanan TI. ITIL telah melalui beberapa revisi dalam sejarahnya dan saat ini terdiri dari lima buku, masing-masing mencakup berbagai proses dan tahapan siklus hidup layanan TI. Pendekatan sistematis ITIL untuk manajemen layanan TI dapat membantu bisnis mengelola risiko, memperkuat hubungan pelanggan, menetapkan praktik hemat biaya, dan membangun lingkungan TI yang stabil yang memungkinkan pertumbuhan, skala, dan perubahan.

Manfaat ITIL: Dengan menyediakan pendekatan sistematis untuk manajemen layanan TI, ITIL dapat membantu sebuah perusahaan dalam cara berikut:

  1. mengurangi biaya
  2. peningkatan layanan TI melalui penggunaan proses-proses praktek terbaik yang telah terbukti
  3. meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pendekatan yang lebih profesional untuk pelayana
  4. standar dan pedoman
  5. meningkatkan produktivitas
  6. meningkatkan penggunaan keterampilan dan pengalaman
  7. meningkatkan penyampaian layanan pihak ketiga melalui spesifikasi ITIL atau ISO 20000 sebagai standar untuk pengiriman layanan pengadaan jasa.

Lima Volume  ITIL adalah sebagai berikut:

  1. Layanan Strategi: Strategi Buku Service memberikan pandangan ITIL yang sejalan bisnis teknologi dan informasi. Ini menentukan bahwa setiap tahap siklus hidup layanan harus tetap fokus pada kasus bisnis, dengan tujuan bisnis yang ditetapkan, persyaratan dan prinsip-prinsip manajemen layanan.
  2. Layanan Desain: Desain Buku Service memberikan panduan pada produksi / pemeliharaan kebijakan teknologi informasi, arsitektur, dan dokumen.
  3. Layanan Transisi: Buku Transisi Layanan berfokus pada peran manajemen perubahan dan praktek rilis, menyediakan kegiatan bimbingan dan proses untuk transisi dari layanan ke dalam lingkungan bisnis.
  4. Layanan Operasi: Buku ini berfokus pada pengiriman dan kegiatan proses kontrol berdasarkan pilihan layanan dan dukungan jasa penyampaian kontrol.
  5. Peningkatan Pelayanan terus menerus: Buku ini berfokus pada elemen proses yang terlibat dalam mengidentifikasi dan memperkenalkan perbaikan manajemen pelayanan, serta isu-isu seputar layanan pensiun.

Apa yang ada di ITIL?
ITIL telah melalui beberapa revisi dalam sejarahnya. 30 buku asli ITIL pertama kali diringkas pada tahun 2000 (ketika ITIL V2 diluncurkan) menjadi tujuh buku, masing-masing melilit aspek manajemen TI. Kemudian, Proyek Penyegaran ITIL pada tahun 2007 mengkonsolidasikan ITIL menjadi lima volume yang terdiri dari 26 proses dan fungsi – ini disebut sebagai ITIL edisi 2007. Pada tahun 2011, pembaruan lain — dijuluki ITIL 2011 — diterbitkan di bawah Kantor Kabinet. Lima volume tetap, dan ITIL 2007 dan ITIL 2011 tetap serupa.

ITIL 4, yang dirilis pada 2019, mempertahankan fokus yang sama pada proses otomatisasi, meningkatkan manajemen layanan, dan mengintegrasikan departemen TI ke dalam bisnis. Namun, itu juga memperbarui kerangka kerja untuk mengakomodasi dan menjawab teknologi, alat, dan perangkat lunak modern. Sejak pembaruan terakhir ITIL, departemen TI telah berkembang menjadi bagian integral dari setiap bisnis dan kerangka kerja baru mengakomodasi ini dengan menjadi lebih gesit, fleksibel, dan kolaboratif.

ITIL 4 berisi sembilan prinsip panduan yang diadopsi dari Ujian Praktisi ITIL terbaru, yang mencakup manajemen perubahan organisasi, komunikasi dan pengukuran serta metrik. Prinsip-prinsip ini meliputi:

  • Fokus pada nilai
  • Desain untuk pengalaman
  • Mulai di mana Anda berada
  • Bekerja secara holistik
  • Kemajuan secara iteratif
  • Amati secara langsung
  • Bersikaplah transparan
  • Berkolaborasi
  • Tetap sederhana


https://surabaya.proxsisgroup.com/tentang-information-technology-infrastructure-library-itil/

Komentar

Postingan Populer