Langsung ke konten utama
ITSM
IT Service Management (ITSM)
IT Service Management (ITSM) adalah suatu konsep manajemen yang memberikan layanan informasi dengan memanfaatkan kecanggihan IT untuk memberikan informasi yang berkualitas sebagai bentuk pelayanan kepada para pengguna
Tujuan utama ITSM adalah menyelaraskan layanan IT dengan kebutuhan pengguna, memperbaiki kualitas layanan TI, dan mengefektifkan penggunaan biaya untuk pengelolaan TI.
Manfaat ITSM
- Peningkatan mutu penyediaan layanan
- Biaya kualitas pelayanan dapat dibenarkan
- Pelayanan yang memenuhi kebutuhan bisnis, pelanggan dan tuntutan dari userProses Bisnis yang terjadi dapat lebih terpusat
Kerangka kerja (framework) yang dianggap dapat memberikan contoh penerapan ITSM di antaranya:
- Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
adalah sebuah framework yang diciptakan dan dikembangkan oleh Office of Government Commerce (OGC) di Inggris. ITIL merupakan kumpulan dari best practice tata kelola layanan teknologi informasi diberbagai bidang dan industri, dari mulai manufaktur sampai finansial, industri besar dan kecil, swasta dan pemerintah.
- Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT)
adalah sekumpulan dokumentasi best practices untuk IT Governance yang dapat membantu auditor, pengguna (user), dan manajemen, untuk menjembatani gap antara risiko bisnis, kebutuhan control dan masalah-masalah teknis IT.COBIT dikembangkan oleh IT governance Institute (ITGI)
- Software Maintenance Maturity Model
metode untuk mengukur level pengembangan manajemen proses, yang berarti adalah mengukur sejauh mana kapabilitas manajemen tersebut.
- PRM-IT IBM's Process Reference Model for IT
- Application Services Library (ASL)
kerangka kerja domain publik dari praktik terbaik yang digunakan untuk standarisasi proses dalam Aplikasi Manajemen, disiplin memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi. Tujuan dari ASL adalah untuk membantu dalam profesionalisasi Manajemen Aplikasi.
- Business Information Services Library (BISL)
Kerangka kerja ini menggambarkan standar untuk proses dalam manajemen informasi bisnis di strategi, manajemen dan operasi tingkat. BiSL berfokus pada sisi permintaan (yang timbul dari organisasi pengguna akhir)
- Microsoft Operations Framework (MOF)
adalah serangkaian panduan yang bertujuan membantu teknologi informasi (TI) profesional menetapkan dan menerapkan layanan yang handal dan hemat biaya.
- eSourcing Capability Model for Service Providers (eSCM-SP) dan eSourcing Capability Model for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing Management.
adalah kerangka kerja yang dikembangkan oleh ITSqc di Carnegie Mellon University. eSCM-SP adalah “praktek terbaik” model kemampuan dengan tiga tujuan :· Untuk memberikan penyedia layanan bimbingan yang akan membantu mereka meningkatkan kemampuan mereka di seluruh sourcing siklus hidup, untuk menyediakan klien dengan cara yang obyektif mengevaluasi kemampuan penyedia layanan, untuk menawarkan penyedia layanan standar untuk digunakan saat membedakan diri dari pesaing.
https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM
https://en.wikipedia.org/wiki/Application_Services_Library
Komentar
Posting Komentar